Langsung ke konten utama

ARTIKEL 3 AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

 Jenis Standar Panduan Audit SI

        Standar Audit Teknologi merupakan batasan minimal bagi Auditor Teknologi guna membantu dalam menetapkan tahap-tahap Audit Teknologi serta prosedur yang harus dilaksanakan atau diterapkan dalam rangka pencapaian tujuan Audit Teknologi. 
Standar Audit Teknologi bertujuan untuk: 
  • menetapkan prinsip-prinsip dasar bagi pelaksanaan Audit Teknologi; 
  •  menyusun suatu Kerangka Kerja dalam pemberian layanan jasa Audit Teknologi, guna menambah nilai kepada organisasi yang diaudit (auditee) melalui perbaikan proses dan operasionalnya; 
  • menyusun dasar dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Audit Teknologi dan untuk mendorong rencana perbaikan. 
Kode Etik dan Standar Audit Teknologi diterbitkan oleh institusi pelaksana Audit Teknologi.
Penerbitan Kode Etik dan Standar Audit Teknologi bertujuan untuk: 
  • menjelaskan pengertian dari Audit Teknologi; 
  • Menetapkan Kode Etik yang harus dipatuhi dan diterapkan oleh Auditor Teknologi;
  • Menentukan Standar Audit Teknologi sebagai arahan minimal dalam pelaksanaan Audit Teknologi. 
    
        Endorsement- Kode Etik dan Standar Audit Teknologi ini telah ditetapkan dengan melewati serangkaian diskusi dan konsultasi, disetujui untuk diterapkan oleh organisasi/institusi pelaksana Audit Teknologi. Apabila Kode Etik dan Standar ini tidak dapat dipatuhi, maka harus dibuat disclosure (penjelasan) yang memadai.

        Dokumen ini diperuntukkan bagi Auditor Teknologi dan Organisasi atau Institusi yang memberikan layanan jasa Audit Teknologi. Kode Etik dan Standar Audit Teknologi bersifat mengikat dan harus ditaati oleh setiap Auditor Teknologi agar setiap hasil kerjanya dapat dipercaya dan memenuhi kualitas yang ditetapkan oleh Organisasi/Institusi. 
        Seluruh aktivitas dalam pelaksanaan Audit Teknologi harus mengacu pada definisi dari Audit Teknologi. Pelanggaran terhadap Kode Etik dan Standar Audit Teknologi oleh Auditor Teknologi akan dievaluasi dan ditindaklanjuti berdasarkan aturan yang berlaku. Sanksi diberikan oleh Komite Etik, dapat berupa salah satu atau gabungan dari: 
  • Teguran tertulis; 
  • Pembuatan Surat Pernyataan oleh yang bersangkutan mengenai kesediaan untuk kembali mematuhi Kode Etik dan Standar Audit Teknologi yang berlaku dan jaminan bahwa pelanggaran tersebut tidak terulang kembali; 
  • Usulan pemberhentian dari tim Audit; 
  • Tidak diberi penugasan selama jangka waktu tertentu; 
  • Penundaan pemberian Sertifikat Auditor Teknologi; 
  • Pencabutan Sertifikat Auditor Teknologi. 

        Pengecualian untuk tidak menerapkan Kode Etik dan Standar Audit Teknologi dimungkinkan dengan mengajukan permohonan pengecualian secara tertulis kepada Komite Etik sebelum auditor teknologi terlibat dalam pelaksanaan suatu aktivitas audit teknologi. Pengecualian hanya dilakukan atas situasi yang telah direncanakan, bukan secara spontan pada saat kejadian berlangsung. Pengecualian tidak diperkenankan ketika pelanggaran atas Kode Etik dan Standar Audit Teknologi telah dilakukan.

Sumber : Terpercaya
#BerbagiItuIndah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas softskill 2

1. Apa itu service management? Jawab : Service Management Adalah sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil yang dinginkan  pelanggan tanpa biaya dan risiko spesifik. Di masa lampau, penyedia layanan sering berfokus pada teknis (sisi penawaran) pandangan apa yang merupakan layanan, bukan pada sisi konsumsi. MANAJEMEN SERVICE manajemen service adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa. manajemen service  memungkinkan penyedia layanan untuk: • memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia; • memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan ; 2. Sebutkan dan jelaskan standart internasional manajemen layanan si / ti Jawab :a. Service strategy mengisyaratkan bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara prinsip, strat...

TUGAS Peng. Animasi & Desain Grafis #

ARTIKEL 4 AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

 Format Pelaporan Audit.                Laporan audit merupakan produk akhir yang paling penting dari proses audit internal dan akses utama untuk menggambarkan aktivitas audit internal bagi pemangku kepentingan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Laporan audit memberikan bukti tentang karakter profesional dari kegiatan audit internal dan memungkinkan orang lain untuk mengevaluasi kontribusi ini. Laporan audit yang efektif tentu saja harus didukung oleh pekerjaan audit berkualitas tinggi, tetapi pekerjaan audit yang sama dapat dibatalkan oleh laporan yang ditulis dengan buruk atau tidak disiapkan dengan baik.                 Penyusunan laporan yang jelas dan efektif harus menjadi perhatian utama bagi auditor internal di semua tingkatan, dari Chief Audit Executive (CAE) hingga anggota staf tim audit (Moeller, 2015). Menurut (Moeller, 2015) pemahaman tentang bagaimana membangun dan me...