Langsung ke konten utama

Tugas Softskill Final!

Judul : Sistem Pakar Diagnosa Depresi Mahasiswa Akhir Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Mobile

Jurnal : JURNAL INFORMATIKA

Volume : Volume Vol.5 No.1

Tahun : 1 April 2018

Penulis : Apip Supiandi 1 , Damar Bagja Chandradimuka 2

Reviewer : Soyid Agi Prasetio



Tujuan Penilitian : Penilitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiagnosa tingkat depresi pada mahasiswa tingkat akhir.dan juga untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada mahasiswa tingkat akhir tersebut akibat depresi. Dan juga dapat mengurangi tingkat depresi mahasisw tingkat akhir. 

Subjek penilitian : mahasiswa tingkat akhir. 

Metode penilitian : Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Certainty Factor (CF). Metode certainty factor digunakan ketika menghadapi suatu masalah yang jawabannya tidak pasti. Ketidakpastian ini bisa merupakan probabilitas.

Hasil penelitian : Dapat memenuhi syarat-syarat pada aplikasi sistem pakar untuk penetuan tingkat depresi pada mahasiswa tingkat akhir dengan menggunakan metode Certainty Factor yaitu suatu metode dimana sistem pakar (misalnya psikolog) sering menganalisis informasi yang ada dengan ungkapan seperti “mungkin”, “kemungkinan besar”, “hampir pasti”, untuk mengakomodasi hal ini digunakan Certainty Factor guna menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedangdi hadapi. 



Kelebihan : menurut saya kelebihan jurnal ini adalah menjelaskan secara detail mengenai sebuah definisi dari ap aitu Depresi, dan banyak sekali metode yang di gunakan pada jurnal ini. Membuat si pembaca jurnal ini tidak merasa bingung dengan apa yang di jelaskan. 

Kekurangan : menurut saya tidak ada kekurangaan dari segi penulisan maupun kekurangan dari segi metode yang di gunakan pada pemmbuatan jurnal ini. Top deh pokoknya, yang lainnya Beng-beng.:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas softskill 2

1. Apa itu service management? Jawab : Service Management Adalah sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil yang dinginkan  pelanggan tanpa biaya dan risiko spesifik. Di masa lampau, penyedia layanan sering berfokus pada teknis (sisi penawaran) pandangan apa yang merupakan layanan, bukan pada sisi konsumsi. MANAJEMEN SERVICE manajemen service adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa. manajemen service  memungkinkan penyedia layanan untuk: • memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia; • memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan ; 2. Sebutkan dan jelaskan standart internasional manajemen layanan si / ti Jawab :a. Service strategy mengisyaratkan bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara prinsip, strat...

ARTIKEL 4 AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

 Format Pelaporan Audit.                Laporan audit merupakan produk akhir yang paling penting dari proses audit internal dan akses utama untuk menggambarkan aktivitas audit internal bagi pemangku kepentingan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Laporan audit memberikan bukti tentang karakter profesional dari kegiatan audit internal dan memungkinkan orang lain untuk mengevaluasi kontribusi ini. Laporan audit yang efektif tentu saja harus didukung oleh pekerjaan audit berkualitas tinggi, tetapi pekerjaan audit yang sama dapat dibatalkan oleh laporan yang ditulis dengan buruk atau tidak disiapkan dengan baik.                 Penyusunan laporan yang jelas dan efektif harus menjadi perhatian utama bagi auditor internal di semua tingkatan, dari Chief Audit Executive (CAE) hingga anggota staf tim audit (Moeller, 2015). Menurut (Moeller, 2015) pemahaman tentang bagaimana membangun dan me...

TUGAS Peng. Animasi & Desain Grafis #